Sabtu, 29 Oktober 2016

ANATOMI RONGGA MULUT PADA REKONSTRUKSI FORENSIK WAJAH (FFR)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
      Rongga mulut merupakan salah satu bagian terkecil dari seluruh tubuh manusia. Bagi tenaga kesehatan terutama dokter gigi, rongga mulut merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Rongga mulut mencerminkan kesehatan tubuh seseorang karena merupakan pintu pertama masuknya bahan-bahan makanan untuk kebutuhan pertumbuhan individu yang sempurna serta kesehatan yang optimal. Rongga mulut mempunyai berbagai fungsi, yaitu sebagai mastikasi, fonetik, dan juga estetik.
      Rongga mulut terbagi atas dua bagian yaitu oral dan oro-faring. Yang termasuk daerah oral adalah bibir, lidah, palatum keras, mukosa bukal, gingiva, dasar mulut, maksila, mandibula dan kelenjar air liur, sedangkan yang termasuk dalam bagian oro-faring adalah palatum lunak, pangkal lidah, tonsil dan dinding faring. Makanan dan minuman akan diproses didalam mulut dengan bantuan gigi- geligi, lidah, saliva, dan otot. Rongga mulut dalam mendefinisikan regio wajah membuatnya menjadi fitur utama untuk rekonstruksi forensik wajah (FFR). FFR dapat dikontekstualisasikan sebagai aplikasi praktis anatomi dan antropologi forensik

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana struktur anatomi rongga mulut?
2. Bagaimana pemeriksaan forensik pada rongga mulut?

C. Tujuan
1. Mengetahui struktur dari anatomi rongga mulut
2. Mengetahui pemeriksaan forensik rongga mulut.


BAB II
ISI

2.1 Anatomi Rongga Mulut
3.1.1 Landmark Rongga Mulut
  Rongga mulut yang disebut juga rongga bukal, dibentuk secara anatomis oleh pipi, palatum keras, palatum lunak, dan lidah. Pipi membentuk dinding bagian lateral masing-masing sisi dari rongga mulut. Pada bagian eksternal dari pipi, pipi dilapisi oleh kulit. Sedangkan pada bagian internalnya, pipi dilapisi oleh membran mukosa, yang terdiri dari epitel pipih berlapis yang tidak terkeratinasi (Metivier et al, 2013).
  Berikut ini landmark dari rongga mulut :
1. Mukosa masticatory : jaringan berat keratin yang melapisi palatum dan lidah. (gambar 1)
2. Mukosa alveolar : Jaringan ringan keratin yang melapisi dasar mulut dan mencakup proses alveolar.
3. Labial dan bukal Mukosa :  Jaringan tipis keratin yang melapisi permukaan dalam bibir dan pipi. (gambar 2 dan 3)
4. Oral Vestibule: Sebuah saku yang dibentuk oleh jaringan lunak dari bibir atau pipi dan gingiva, titik terdalam disebut "vestibule fornix" atau "muccobuccal fold".
5. Frenum (frena): garis menonjol dari mukosa mulut yang memmanjang dari mukosa alveolar pada mukosa labial dan bukal.
6. Fordyce Granules/Spots: Kelenjar sebaceous ectopic kekuningan, ditemukan pada mukosa wajar dekat sudut mulut.
7. Linea Alba: Sebuah garis putih mengangkat jaringan keratin pada mukosa bukal yang berjalan sejajar dengan garis oklusal plane. (gambar 4)
8. Parotis papilla: Flap jaringan ditemukan sebaliknya dari molar kedua rahang atas pada mukosa bukal. (Metivier et al, 2013)

 

Gambar 1. Struktur normal Rongga Mulut

      Gambar 2. Mukosa Labial


Gambar 3. Mukosa Bukal


Gambar 4. Linea Alba


2.2 Forensic Facial Reconstruction
      Bentuk tengkorak memiliki struktur keras yang terdapat jaringan lunak yang melekat. Salah satunya adalah rongga mulut. Wilayah ini dikaitkan dengan fungsi seperti komunikasi vokal, cara berekspresi, dan menarik perhatian secara visual. Pentingnya rongga mulut dalam mendefinisikan regio wajah membuatnya menjadi fitur utama untuk rekonstruksi forensik wajah. (Dias et al, 2016)
Identifikasi forensik secara rekonstruksi adalah metode identifikasi dengan cara merekonstruksi data hasil pemeriksaan postmortem ke dalam perkiraan-perkiraan mengenai jenis kelamin, umur, ras, tinggi dan bentuk serta ciri-ciri spesifik tubuh (Romdhon, 2015). Rekonstruksi forensik wajah (FFR), atau pendekatan wajah, adalah teknik yang mencoba untuk mereproduksi karakteristik wajah dengan cara mempelajari dan memodelkan bahan pada permukaan tengkorak, dengan tujuan meningkatkan kemungkinan pengenalan dan kemungkinan identifikasi.
FFR dapat dikontekstualisasikan sebagai aplikasi praktis anatomi dan antropologi forensik. Teknik-teknik untuk pemulihan dari mulut, bibir, dan struktur terhubung secara sebagian didasarkan pada pengukuran gigi. Mulut adalah bagian penting dari wajah direkonstruksi, dan posisinya menyoroti proporsi yang benar dari wajah. (Dias et al, 2016)

Landmark Anatomi pada jaringan keras dan lunak untuk pengukuran Linear
Medians
1. Nasospinale (NS) : titik terendah pada margin inferior pyriformaperture, di dasar tulang belakang hidung, diproyeksikan pada bidang sagital
2. Philtrum medium (PM) : Di rahang atas (maxilla), bawah lekukan tulang belakang hidung bagian anterior 
3. Supradentale (SD) : Kebanyakan anterior dan titik Superior dari daerah alveolar, antara insisivus sentral atas
4. Infradentale (ID) : Kebanyakan anterior dan titik Superior dari daerah alveolar, antara insisivus sentral bawah
5. Supramentale (SM) : Pada garis tengah, terletak di penurunan antara puncak mentonian dan akar gigi insisivus sentral rahang bawah
6. Gnathion (GN) : Di perbatasan anterior mandibula yang sebagian besar proyek ke bawah pada bidang sagital.
7. Foramen incisivusinferius (Fii) : Pada bukaan foramen insisivus, pada titik tengah garis lurus dibatasi oleh batas-batas bukaan anteroposterior, tampak sagital.
8. Foramen incisivus superius (Fis) : Dalam bukaan kanal insisivus di fossa hidung, pada titik tengah dari garis lurus dibatasi oleh batas-batas bukaan anteroposterior ini, dari tampak sagital.
9. Labiale superius (ls) : titik garis tengah pada garis merah terang dari bibir atas.
10. Labiale inferius (li) : titik garis tengah pada garis merah terang dari Bilateral bibir bawah (r-right; l-left)
11. Canini (CNr, CNl) : Pada permukaan vestibulodistal dari gigi taring rahang atas, pada ketinggian kontak interproksimal.
12. Mentale (MLr, MLl) : Titik paling rendah dari foramen mentonian.
13. Cheilion (chr, chl) : Terletak di komisura labial. (Dias et al, 2016)


(Gambar Lokasi Landmark Skeletal NS, PM, SD, ID, SM, GN, MLr, dan MLl)


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
      Rongga mulut merupakan salah satu bagian terkecil dari seluruh tubuh manusia. Rongga mulut yang disebut juga rongga bukal, dibentuk secara anatomis oleh pipi, palatum keras, palatum lunak, dan lidah. Rongga mulut dikaitkan dengan fungsi seperti komunikasi, cara berekspresi, dan menarik perhatian secara visual. Pentingnya rongga mulut dalam mendefinisikan regio wajah membuatnya menjadi fitur utama untuk rekonstruksi forensik wajah (FFR). FFR adalah teknik yang mencoba untuk mereproduksi karakteristik wajah dengan cara mempelajari dan memodelkan bahan pada permukaan tengkorak.
3.2 Saran
Diharapkan mahasiswa untuk terus  menambah wawasan dan pengetahuan nya, berpikir kritis, dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya baik itu mengenai anatomi rongga mulut ataupun bidang lainnya.



REFERENSI 


1. Dias, Paulo Eduardo Miamoto., Geraldo Elias Miranda., Thiago Leite Beaini., Rodolfo Francisco Haltenhoff Melani. Practical Application of Anatomy of the Oral Cavity in Forensic Facial Reconstruction. Journal PLOS ONE, September 9, 2016
2. Metivier, Antoinette, CDA., Kimberly Bland, CDA, EFDA, M.Ed. Dental Anatomy: A Review. Continuing Education Course, April 23, 2013.
3. Romdhon, Abdul Rois. Identifikasi Forensik Rekonstruktif Menggunakan Indeks Kefalometris. November 2015. Vol.4 No.8.


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pages - Menu

Followers

Weekly post

 
a girl who was born to be sparkle Blogger Template by Ipietoon Blogger Template