Kamis, 17 Agustus 2023

Sharing #2 Perjalananku, from 78 kg to 65 kg..

Halooo Assalamualaikum teman teman.. Ya ampunn.. udah lama banget ini blog udah jadi debu kali ya *hiks.. Ga ada angin ga ada hujan, tiba tiba pengen balik lagi ke blog ku yang terbengkalai ini hihi.

Disini aku pengen sharing tentang pengalaman aku yang dari gendutt sampai ke Alhamdulillah udah mendingan ya bunn.. 

Berawal dari 2020 saat covid melanda, berat badan aku itu hampir 80 kg!! Dan saat itu aku masih love myself banget, kayak yaudah sih aku ga peduli yang penting aku happy.. Apalagi kan intensitas kegiatan banyak dilakukan di rumah yaa, makin jadi aja tuh badan aku wkwkwk.

Sampai akhirnya di tahun 2021, aku sempat kena covid dan berat badan aku turun sekitar 5 kg kalo ga salah, karena ga nafsu makan waktu itu. Nah tapi berat badan aku itu masih sekitar 73 kg an kalo ga salah yaa aku lupa. Setelah sembuh pun sempet naik lagi wkwk. Seiring berjalannya waktu, ada sesuatu yang bikin aku termotivasi guys.. Oh aku ga bisa kayak gini terus, aku harus berubah. Capek aja gitu di canda in gendut, entah dari keluarga atau teman. Okeee, mari kita lakukan sebuah gerakan perubahan!

DEFISIT KALORI!

Pasti udah ga asing dongg dengan dua kata yang sudah berseliweran ini di dunia sosial media. Yaa, namanya defisit tuh artinya mengurangi, kalori ya kalori. Simpel nya, yaa cuman mengurangi kalori. Kalori apa? Kalori harian kita dalam sehari kita makan..

Terus gimana sih, cara nya kita nentukan kalori harian yang kita butuhkan dalam sehari hari??

Pertama kalian bisa coba cek di website online yang menghitung kalori harian kalian berdasarkan tinggi badan, berat badan, dan usia. Terus nanti ditanyain aktivitas nya apa aja dalam sehari hari, apakah intensitas ringan, sedang, atau berat. Link Website nya aku sertakan dibawah iniπŸ‘‡:

Website Cek Kalori

Sekarang aku mau sharing berdasarkan pengalaman aku aja yaa selama defisit kalori, jadi aku bukan yang expert atau ahli nya banget. Sampai sekarang pun aku masih belajar menu menu yang bisa menuhin kalori harian aku. Kalo dari pengalaman aku, misalnya setelah kita hitung kebutuhan kalori kita dan ternyata dalam sehari itu kita ambil contohnya aja 1500 kalori, berarti aku harus ngurangin sekitar 200-300 kalori. Itu berarti sekitar 1200 kalori dalam sehari yang masuk dalam tubuh. Ingat, jangan defisit kalori berlebihan! Nanti malah makan dibawah 1000 kalori, yang ada malah lemes dan stress dong. Jadi aku sempet defisit kalori dengan nyoba ga makan nasi dalam sebulan, tapi karbo nya diganti dengan yang lain kayak kentang, bihun, aku lupaa wkwk. Pokoknya aku sempat nyoba sebulan ga makan nasi. Dan alhasil, aku turun 5 kg dalam sebulan.. dari 73 kg jadi 68 kg wkwk. Tapii aku juga ngimbangin dengan olahraga ringan, dari nonton di youtube kaya walking workout, karena aku fokus nya cuman cardio aja waktu itu. Aku juga hampir tiap hari itu jalan kaki tiap habis subuh sekitar 30 menit. Dan itu terus kulakukan hampir 3 bulan lebih, terus menerus sampai akhirnyaaa aku turun jadi 65 kg!! Happy?? Tentu dongg!

Walaupun yaa ga semulus itu juga kokk, naik turun berat badan itu wajar. Pernah naik ke 67 kg karena aku nyoba makan nasi lagi, tapi anehnya aku ga kuatt makan nasi banyak wkwk. Mungkin karena udah jadi kebiasaan kali ya? Oh iya, aku biasanya makan nasi cuman satu centong atau sekitar 4 sendok makan. Tapi aku banyakin serat dan protein nya. Seratnya bisa dari sayur sayuran, terus protein nya dari dada ayam, telur, tahu, tempe, pokoknya banyak dehh. Nanti Aku share dibawah ini menu yang aku makan saat defisit kalori waktu itu yaa..

                                       Menu Defisit Kalori sekitar akhir tahun 2021- 2022

    Kalo diliat liat, menu defisit kalori ku waktu dulu agak ekstrim yaa wkwkwk. Tapi karena aku ngerasa kenyang banget bikin itu, ya aku suka ajaa. Cuman yaa minus nya bakal bosen aja sama menu yang gitu gitu aja. Maklum waktu itu aku masih belajar defisit kalori, jadi yaa minus nya bakal sulit bertahan kalo menu nya gitu gitu aja.. buktinya, aku sempet kok kayak males masak bikin gitu gitu lagi. Belajar ulang dan ternyata gapapa kok makan yang goreng, gapapa kok sesekali makan gorengan, tapi perubahannya itu kayak semisal kamu biasa makan gorengan 3, yaudah kurangin pelan pelan jadi 2. terus nanti kalo terbiasa kurangin lagi jadi 1. Karena aku adalah team nyemil, aku tuh suka banget nyemil wkwk. Kadang aku bikin cemilan simpel yang masih sehat kaya buah, terus bikin martabak mini rendah kalori, gitu gituu. Intinya kalo defisit kalori sambil belajar aja nyari menu yang kita suka.

Nah lanjut ke menu defisit kalori setelah setahun aku belajar, yang lebih upgrade dan menurutku enak dan bergizi. Ini beberapa menu yang pernah aku foto dan aku makan:

                                           Menu Defisit Kalori sekitar tahun 2023   

        Nah dari sini aku mulai belajar gimana ngatur porsi makan buat aku defisit kalori dengan gizi yang tercukupi juga. Misalnya, dalam satu piring makan aku coba atur 1/2 serat, 1/4 karbo, dan 1/4 protein. serat nya aku ambil dari sayur sayuran, protein nya dari lauk kaya tempe, tahu, telur, udang, dsb nya. karbonya of course nasi 3-4 sendok makan. Alhamdulillah selalu kenyang dengan porsi seperti ini. Dan aku juga nyemil nya buah buahan. Tambahan aku juga minum air putih campur rendam an chia seed. Chia seed sebagai tambahan aku doang, karena chia seed kandungan seratnya tinggi. Kalo ga pake itu juga gapapaa kok.. dan aku juga mengurangi banget minum manis. Karena minum manis jadi penyumbang terbesar kalori menurut aku. Jadi, daripada ngabisin jatah kalori cuman buat minum doang, aku lebih milih minum air putih aja atau kalau lagi diluar aku pesan es teh tawar. Kalo lagi pengen beli jus buah, aku minta tanpa gula sama pake susu dikit aja. Ribet sihh tapi jadi kebiasaan sampe sekarang..

Sebenarnya aku bukan yang se expert itu untuk masalah ngatur makanan kok, aku masih perlu banyak belajar dan KONSISTEN. Karena menurutku, yang mahal tuh bukan jenis makanannya, tapi gimana kita bisa konsisten sama apa yang udah kita mulai. Tiap teman aku nanya tips nya apa, aku selalu bilang konsisten dan juga realistis. Kenapa realistis? Karena ada momen dimana cewek itu setiap mau datang bulan, pasti hormon nya berubah. Muncul lah pengen makan ini itu. Aku bilang realistis kenapa, karena yaa emang cewek butuh waktu untuk itu. Kalo lagi mode pengen makan yang disukai, silahkan. Asalkan sesuai porsi dan ga berlebihan. Misalnya, aku pengen makan takoyaki (Karena aku suka banget takoyaki wkwk), berarti aku harus menuhin makanan sehatku dirumah seperti sayur sayuran, protein, dsb nya. Intinya tahu diri lah. Dan ketika kita makan yang berat berat dalam sehari, itu ga bikin badan langsung gede kok.. Jangan stress, ntar dikit dikit nimbang berat badan. Terus liat timbangan jadi stress, malah ngambek gamau lanjut makan sehat sehat lagi. Yaudah kelar dehh..

Proses aku untuk sampai dititik ini pun sudah kulakukan dengan berbagai eksperimen. Mulai dari diet yang masak nya hambar hambar dan alhasil gagal total, sampai akhirnya nemu cara dengan defisit kalori ini. Dan terpenting, proses defisit kalori itu ga cepat alias tergantung metabolisme tubuh masing masing. Orang A, dengan orang B, ketika sama sama defisit kalori, belum tentu proses metabolisme nya sama. Bisa jadi, orang A lebih cepet turun berat badannya dibandingkan orang B. Tapi orang B gaboleh merasa gagal atau tertinggal, kenapa? Ibarat kata ni ya, lu punya duit lu punya kuasa! WKWK ya ga dong.. ibarat nya, kamu tuh bandingin diri kamu sama orang lain yang jelas jelas udah beda! Ngapain kamu bandingin diri kamu sama orang lain. Yang terpenting itu, kamu liat diri kamu sebelumnya dengan diri kamu sekarang. Pasti ada perbedaan. Bukan hanya bentuk tubuh, tapi pola pikir kamu juga berubah. Itu cara sederhana gimana kamu bisa mencintai diri kamu sendiri.. love banyak banyak buat yang baca pesan ini!πŸ’—πŸ’—πŸ’—

Okee sekian dulu yaa dari aku, semua nya murni dari pengalaman aku selama setahun lebih ini. Ingat, pesan dari aku juga, perubahan kecil dari kita bisa berdampak besar loh di kemudian hari. Mungkin yang kita anggap sepele, bisa jadi luar biasa di hari kedepannya. Aku dulu mikir perubahan pola makan ku yang kecil, itu ga ngaruh. Ternyata setelah aku coba konsisten, itu ngaruh besar sampe sekarang. Aku yang dulu apa apa selalu dimakan, sekarang bisa mengontrol dan lebih bijak. Intinya, jangan nyerah, apapun itu sayangi diri kalian sendiri sebelum menyayangi orang lain. Jangan sampai konsepnya ketuker! Nanti aku akan sharing olahraga apa aja yang selama ini aku coba lakuin di sharing #3 selanjutnya. Ditunggu yaaa!😘

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pages - Menu

Followers

Weekly post

 
a girl who was born to be sparkle Blogger Template by Ipietoon Blogger Template